Tentang Pembenaran

Ini mengenai pembenaran, mungkin postingan inipun pembenaran. Merurut gue yang akhir akhir ini merasa banyak banget ada pembenaran disekeliling gue. Pembenaran yang dimaksud adalah benar menurut perspektif orang yang merasa benar dan ingin dibenarkan.
Jika sebuah konflik timbul diantara orang yang merasa dirinya dewasa karena umur dan pengalaman mereka sudah banyak dan posisi mereka dianggap posisi penting disitulah timbul pembenaran. Mereka ingin dianggap benar karena mereka merasa sudah sering mengalaminya. Dan mereka mengaggap keputusan yang di ambil adalah benar.
Tapi yang gie alami sekarang adalah mereka-mereka yang memang dewasa, memiliki pengalaman, dan posisi yang vital bertingkah laku seperti anak kecil yang sedang menyelesaikan konflik.
Mereka membuat sebuah kelompok untuk mengucilkan kelompok lain yang membuat sebuah kelompok.
Di kelompok satu siempunya masalah mencoba menceritakan masalahnya ke anggota kelompok dengan melakukan pembenaran (dibaca: dia yang benar). Begitu juga di kelompok yang lain. Maka kubu pun semakin kuat dengan pembenaran di masing masing pihak.
Mereka saling berusaha menghindar karena keegoisan diri masing-masing. Dan hanya berani membicarakan dihadapan kelompok yang dianggap memang mendukung salah satu pihak.
Ada yang sedikit membedakan dengan anak kecil, yaitu mereka tidak sadar berbuat tersebut, karena tidak mau disalahkan atau dianggap salah dan juga tidak mau dianggap anak kecil karena ego masing-masing.
Dan pada waktunya mereka sadar ada yang tidak beres, barulah yang mersa bertanggung jawab atas mereka-mereka mencoba meleraikan masalah tersebut. Masalah memang mereka anggap selesai pada saat itu, Tapi kebanyakan di kemudian hari akan terungkit lagi, atau masih ada rasa didalam hati bahwa masalah tersebut selesai tapi tidak tuntas.

Apaka posting ini adalah sebuah pembenaran menurut gue, mungkin tapi itu yang gue perhatikan. Jadi terserah apa yang lo ambil dari cerita ini. 🙂

Posted with WordPress for BlackBerry.

Advertisements
This entry was posted in Uncategorized. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s